PEGAGAN / ANTAMAN

Apakah yang shobat tau Tentang Pegagan...? Tanaman ini sering kita jumpai di negara kita, mungkin shobat akan menjawab, " jelas sekali, karena negara kita kan negara bagai syurga". Seperti kata sang Penyanyi dalam lirik lagu "Kolam Susu". disini yang akan saya bahas bukan Kolam atau pun susunya tentu, tetapi lebih dari itu. disini saya akan share tentang tanaman yang banyak tumbuh di daerah pedesaan. Allah swt memang maha kaya dan maha pemurah, begitu seharusnya kita selalu bersyukur karena di anugerahi alam yang begitu subur. Dan dari  kesuburanya bisa bisa tumbuh bermacam tanaman yang kita tanam ataupun rerumputan liar yang sebenarnya bermanfaat bagi kita, tergantung kitanya mau memberdayakan alam kita dengan arif atau malah merusaknya.....!

Manfaat Pegagan
Kembali pada Pokok bahasan, yaitu PEGAGAN.
Tanaman ini berasal dari daerah Asia tropik, tersebar di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, India, Republik Rakyat Cina, Jepang dan Australia kemudian menyebar ke berbagai negara-negara lain.
Pada Zaman dahulu, pegagan telah digunakan untuk obat kulit, gangguan saraf dan memperbaiki peredaran darah. bermacam suku memberikan nama dengan bermacam macam nama, diantaranya adalah Masyarakat Aceh menamainya Pegaga, jalukap (Banjar), daun kaki kuda (Melayu), ampagaga (batak), antanan (sunda), gagan-gagan, rendeng (jawa), piduh (bali) sandanan (irian) broken copper coin, semanggen (Indramayu,Cirebon), pagaga (Makassar), daun tungke (Bugis). Bahkan orang Luar negeri juga mempunyai nama tersendiri, misalnya di Inggris dikenal dengan nama buabok, paardevoet (Belanda), gotu kola (India), ji xue cao (Hanzi)
Kalo saya kenalnya adalah SEMANGGI. Apakah nama Tanaman rerumputan ini di tempat anda..?

Sifat kimiawi Pegagan yang terasa manis, sejuk bermanfaat untuk Anti infeksi, antitoxic, penurun panas (antipiritika) , peluruh air seni (deuretika) menghentikan pendarahan (haemostatika), meningkatkan syaraf memori, anti bakteri, tonik, antispasma, antiinflamasi, hipotensif, insektisida, antialergi dan stimulan. Saponin yang ada menghambat produksi jaringan bekas luka yang berlebihan (menghambat terjadinya keloid).
Kandungan Pegagan yang simplisianya dikenal dengan sebutan Centella Herga mengandung Asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahminoside, brahmic acid, madasiatic acid, meso-inositol, centellose, carotenoids, garam-garam mineral seperti garam kalium, natrium, magnesium, kalsium, besi, vellarine, zat samak. Senyawaan glikosida triterpenoida yang disebut asiaticoside dan senyawaan sejenis
Pada penelitian di RSU Dr. Soetomo Surabaya dapat dipakai untuk menurunkan tekanan darah, penurunan tidak drastis, jadi cocok untuk penderita usia lanjut. Manfaat pegagan lainnya yaitu meningkatkan sirkulasi darah pada lengan dan kaki; mencegah varises dan salah urat; meningkatkan daya ingat, mental, dan stamina tubuh; serta menurunkan gejala stres dan depresi. Secara empirik Pegagan dapat mengobati Hepatitis, Campak, Demam, Amandel (Tonsilis), Sakit tenggorokan; Bronkhitis, Infeksi dan Batu saluran kencing, Mata merah, Wasir; Keracunan, Muntah darah, Batuk darah, mimisan, Cacingan, Lepra;
Penggunaanya : 15 - 30 gram pegagan segar, direbus, minum. Atau dilumatkan, peras dan minum airnya.
Penggunaan Luar : Dilumatkan, ditempel ke bagian yang sakit. Dipakai untuk: Gigitan, ular, bisul, luka berdarah, TBC kulit.
Cara Penggunaan :
  1. Kencing keruh (akibat infeksi/batu sistem saluran kencing):30 gram pegagan segar direbus dengan air cucian beras dari bilasan kedua. Susah kencing: 30 gram pegagan segar dilumatkan, tempel di pusar.
  2. Demam: Segenggam daun pegagan segar ditumbuk, kemudian ditambah sedikit air dan garam, saring. Diminum pagi-pagi sebelum makan.
  3. Darah tinggi: 20 lembar daun pegagan ditambah 3 gelas air, direbus sampai menjadi 3/4-nya. Sehari diminum 3 x 3/4 gelas.
  4. Wasir: 4-5 batang pegagan berikut akar-akarnya direbus dengan 2 gelas air selama ± 5 menit. Minum rebusan ini selama beberapa hari.
  5. Pembengkakan hati (liver) : 240 gram - 600 gram pegagan segar direbus, minum secara rutin.
  6. Campak: 60 -120 gram pegagan direbus, minum, Bisul : 30 gram - 60 gram pegagan segar direbus, diminum.
  7. Mata merah, bengkak : Pegagan segar dicuci bersih, dilumatkan, diperas, airnya disaring. Teteskan ke mata yang sakit 3 - 4 kali sehari.
  8. Batuk darah, muntah darah, mimisan : 60 - 90 gram pegagan segar direbus, atau diperas, airnya diminum.
  9. Batuk kering : segenggam penuh pegagan segar dilumatkan, peras. Ditambah air dan gula batu secukupnya. Minum.
  10. Lepra : 3/4 genggam pegagan dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air, sampai menjadi 3/4 -nya. Saring, diminum setelah dingin, sehari 3 x 3/4 gelas.
  11. Penambah nafsu makan : 1 genggam daun pegagan segar direbus dengan 2 gelas air sampai menjadi 1 gelas. Minum sehari 1 gelas.
  12. Teh daun pegagan segar berkhasiat : Pembangkit nafsu makan, menyegarkan badan, menenangkan, menurunkan panas, batuk kering, mengeluarkan cacing di perut,mimisan.
  13. Lalaban pegagan segar berkhasiat : Membersihkan darah, terutama pada bisul, tukak berdarah, Memperbanyak empedu, sehingga memperbaiki gangguan pencernaan.
Sumber : site:.edu "pegagan"

Waullahu 'alam, Allah menciptakan sesuatu benda dan makhluk tentu ada kegunaanya bagi makhluk lain termasuk kita, tergantung kita bisa memanfaatkanya secara bijak atau tidak. Begitupun penyakit di turunkan ke muka bumi oleh Allah swt tentu ada obatnya, kecuali maut. Tergantung bagaimana kita mau berusaha atau tidak.
Mari berserah diri pada yang kuasa, karena pada dasarnya  tidak akan ada kejadian di muka bumi ini tanpa kuasa Allah swt.
Demikian yang dapat saya share semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita.

32 komentar:

  1. ternyata antaman bisa mengobati untuk keluhan mata merah/bengkak ya

    BalasHapus
  2. keren gan
    terimakasih atas info nya gan
    ditunggu update nya

    BalasHapus
  3. bagus info nya
    ditunggu info selanjut nya

    BalasHapus
  4. info nya sangat menarik
    terimakasih sudah berbagi info yang sangat bermanfaat

    BalasHapus
  5. terimakasih atas info nya yang sangat bermanfaat
    ditunggu update selanjut nya

    BalasHapus
  6. terimakasih info nya
    bermanfaat bgt

    BalasHapus
  7. terimkasih atas pengetahuan nya
    saya senang bisa berkunjung ke blog anda

    BalasHapus
  8. Beritanya bermanfaat gan. Saya tunggu berita selanjutnya

    BalasHapus
  9. info nya mantap untuk dibaca gan
    terimakasih udah share info nya
    terus berkreasi gan

    BalasHapus
  10. info nya menarik untuk dibaca
    dan bermanfaat
    terimakasih udah share info nya
    gan

    BalasHapus
  11. mantap gan info nya
    yang sangat bermanfaat
    saya senang berkunjung ke blog anda

    BalasHapus
  12. mantap gan info nya
    yang sangat bermanfaat
    saya senang berkunjung ke blog anda

    BalasHapus
  13. sangat bagus gan info nya
    dan bermanfaat sekali
    terus berkresi gan

    BalasHapus
  14. Terimakasih telah berbagi informasi yang menarik dan bermanfaat sekali
    di tunggu informasi selanjutnya, sukses terus

    BalasHapus
  15. artikel dan blog nya sangat bagus
    saya senang berkunjung ke blog anda
    terimakasih udah berbagi info nya gan

    BalasHapus
  16. menarik perhatian,,,terimakasih infonya

    BalasHapus
  17. terus psting info2 yg bermanfaatnya gan
    senang bisa berkunjung ke blog anda
    terimakasih banyak

    BalasHapus
  18. Nice post,,,
    maksih infonya,,tambah wawasan

    BalasHapus
  19. Infonya menarik jadi dapat ilmu tambahan,,makasih gan saya tunggu informasi selanjutnya

    BalasHapus
  20. senang bisa berkunjung ke blog wondhoez

    BalasHapus
  21. terimakasih, bisa menjadi salah satu referensi nih

    BalasHapus
  22. bagus sekali info nya dan
    dan menarik untuk dibaca
    diyunggu artikel selanjut nya

    BalasHapus
  23. mantap sangat membantu sekali info tanamannya

    BalasHapus
  24. Terima Kasih Informasinya http://www.rumahukir.com

    BalasHapus
  25. Terima Kasih Informasinya http://www.tokojatijepara.com

    BalasHapus

JUST For Sharing

Pages